Pemahaman Multimedia


Kalau kita pahami Multimedia sebenarnya ada disekitar kita, lingkungan kita, saat kita sedang berdiri, melihat, meraba apakah yang kita lihat itu multimedia?. Coba sekarang anda bayangkan berada diruangan yang gelap ukuran 4 x 3 kosong tanpa cahaya, apakah terjadi sebuah proses multmedia? jadi apa sebenarnya multimedia itu? jangan sekali-kali anda mengartikan dengan memisah kan kata “multi” dan kata “media” anda pasti tidak akan menemukan jawabannya. Saat kita mendengar kata Multimedia pasti anda akan berfikir secara spontan, komputer, tv, website, atau sesuatu yang berhubungan dengan teknologi visual, yang dapat dilihat dinikmati dan tentunya menyenangkan.

Ditelaah dari definisi yang saya dapat yaitu situs wikipedia.com Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam duniahiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.”

“Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.”

Definisi sederhana menurut beberapa pakar multimedia adalah Kombinasi dari 3 elemen (suara, gambar dan teks) [McCormick, 1996], Alat yg dpt menciptakan presentasi yg dinamis dan interaktif yg mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar [Robin dan Linda, 2001], Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

Sejarah Multimedia
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

  • Sistem multimedia dimulai thn 1980-an dgn diperkenalkannya HyperCard oleh Apple (1987) dan pengumuman IBM tentang perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2
  • Tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan sistem multimedia ada di pasaran
  • Output multimedia berbentuk citra digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif

Setelah membaca ulasan diatas, Penting gak sih Multimedia? multimedia bisa:

  • Sebagai alat bersaing perusahaan (sarana promosi)
  • Meningkatkan daya baca (menarik indera dan menarik minat)
  • Membantu meratakan zaman informasi ke jutaan orang yg belum memakai komputer, dan masih banyak lagi

Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, Biasa nya orang hanya membaca berita melalui koran, sekarang dengan membaca twitter, website, orang-orang sudah bisa mendapatkan informasi dalam waktu singkat, Seiring dengan perkembangan CD-ROM drive dan DVD drive orang-orang dapat mengaplikasikan sebuah media menjadi suatu visual yang dinikmati. Pada akhir abad 20, dua per tiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer dan setengahnya terhubung ke internet bagaimana dengan indonesia?pertumbuhan WARNET(warung Internet) berkembang secara pesatnya. selain ituaAdanya industri telekomunikasi -> multimedia mobile Memudahkan perusahaan untuk melakukan merger dan aliansi, Multimedia mengubah tempat kerja (bisa mobile), Multimedia mengubah cara orang berbalanja (teleshopping), Multimedia mengubah cara akses informasi (baca koran).bagaimana dengan anda?

HUKUM MULTIMEDIA

  • Multimedia berkait dgn hak paten, copyright, penggunaan yg adil, etika dan kejahatan.
  • Hak paten yg menonjol dlm multimedia adalah hak paten data optis, hak paten Campton serta hak paten GIF dari UNISYS
  • Singapura sejak 1996 telah memiliki perangkat hukum berkaitan dgn pemanfaatan teknologi informasi
  • Malaysia sejak 1997 mengeluarkan hukum-hukum kriminalitas komputer, tanda tangan digital serta komunikasi dan multimedia
  • Indonesia ???

Multimedia Internet

Pernah kah anda membuka situs youtube, facebook? pasti pernah.apakah itu multimedia internet?mungkin jawabannya sudah anda pegang sendiri. Internet merupakan jaringan komputer global yg terhubung setiap saat yg berisi berbagai layanan dan media

Fasilitas / layanan pada internet terdiri dari :

  • E-mail
  • Bulletin board service (network news)
  • File transfer (FTP)
  • Remote login (telnet)
  • Browsing dan pencarian informasi
  • Komunikasi audio dan video
  • Teleconference

dan internet memiliki pengertian luas, mungkin ulasan internet akan saya bahas secara rinci di tulisan saya selanjutnya.

Multimedia Interaktif

Saat saya mengatakan “Game” secara otomatis anda sudah mengerti maksud dari multimedia interaktif.  seringkali kita ingin menginstal sebuah program/ software ada kotak dialog yang mengantar kita untuk menunjukkan cara penginstalan? ya itu lah salah satu dari multimedia interaktif, dimana kita saling berinteraksi dengan media yang kita pegang. setelah saya menjelaskan ini apakah multimedia itu rumit? saya mau diskusi lebih panjang jika anda menuangkan saya secangkir kopi…:-P.

Semoga ini bermanfaat


 

About these ads
  1. Sangat lengkap penjelasannya …
    terima kasih gan ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: