Tips Menarik buat Web Designer


Tips Menarik buat Web Designer

Web site yang efektif dan efisien:
Gunakan halaman yang ‘hampir sama’ interface-nya tiap halaman agar pengunjung tetap merasa berada di lingkungan web site kita. Apabila kita ingin bereksperimen dengan menempatkan suatu halaman lain dari yang lain, maka bisa saja pengunjung akan merasa berada di suatu halaman asing dan tidak tahu lagi dimana ia berada, padahal masih di web site yang sama…

Gunakan menu bar yang sama dan tempatkan pada setiap halaman. Cara ini punya keuntungan, yaitu bila menu yang anda tempatkan itu berupa gambar, maka dapat dipastikan akan lebih efisien dalam hal loading karena pada saat pertama gambar diload, maka gambar -gambar tersebut akan disimpan dalam disk cache dan dapat dipakai lagi bila perlu. Nah kalau gambar sering sama dalam setiap halaman, maka dapat menghemat waktu dalam meload halaman web anda, so, hemat pulsa khan…

Gunakan warna seperlunya. Lebih baik lagi kalau warnanya hampir mirip dan serasi. Hindari penggunaan warna yang berlebihan dan ‘gado-gado’. Penggunaan warna yang gado-gado bisa membuat halaman menjadi hambar dan tidak menarik.

Gunakan gambar/image seperlunya
Mengoptimalkan gambar, kalau anda ingin mempunyai halaman web yang penuh dengan gambar-gambar, entah itu foto-foto atau gambar hiasan lainnya, anda harus mengoptimalkan gambar itu. Pengoptimalan di sini maksudnya, gambar tersebut harus sekecil mungkin dan sebaik mungkin kualitasnya.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas gambar, yaitu:
Membuat gambar dalam format GIF yang teroptimized. Anda bisa menggunakan Adobe ImageReady untuk keperluan ini.
Membuat gambar tidak dalam ukuran besar, karena akan memperlambat waktu load.

Gambar sebaiknya menggunakan 256 warna kalaupun ingin yang lebih, pakai format JPG saja..
Gambar kecil tapi ukuran besar, maksudnya ukuran gambar anda kecil tapi bila dilihat di Windows Explorer atau aplikasi lainnya ukurannya bengkak tidak seperti ukuran gambar aslinya yang kecil. Hal ini mungkin disebabkan gambar yang anda buat memiliki format yang salah, misalnya format PSD, CPT, CDR, dan sebagainya. Kompres atau konversi gambar ini ke dalam bentuk format GIF supaya lebih kompak dan lebih kecil ukurannya. Caranya? Pakai Corel Photopaint trus pilih File | Export | Export atau tekan Ctrl + E trus pilih format GIF. Ikuti terus wizardnya terus OK. Jadi deh…Cara kedua, anda bisa pakai Adobe ImageReady tapi dalam mode slices trus save optimize, pilih nama gambarnya. Sim salabim ukuran gambar jadi kecil!

Halaman kecil yang hebat!
Buat halaman yang menggambarkan jati diri anda (kalau tipe halamannya personal/pribadi) atau tonjolkan kelebihan dan jati diri perusahaan anda. Gunakan gambar-gambar yang cocok dengan tema yang anda pakai, misalnya kalau perusahaannya adalah warung Bakso, maka carilah gambar yang berhubungan dengan makanan/bakso. Pemakaian logo juga membantu untuk mengingatkan pengunjung untuk mengenal keunikan perusahaan Anda.

Gunakan script untuk mempercantik halaman Anda, misalnya membuat link yang berkedip-kedip pada saat mouse lewat di atasnya atau dengan menggunakan cascading style sheet untuk membuat halaman Anda tidak monoton (tapi hanya memiliki satu jenis font atau satu jenis warna saja). Dan ingat, buat halaman yang seramping mungkin dan jangan terlalu menempatkan gambar yang tidak perlu.

Mengoptimalkan loading halaman
Cara mengoptimalkan loading halaman:
Buat gambar dalam format GIF dan JPG Usahkan tanpa dither 32 bit (paling kecil ukurannya tapi agak buruk tampilannya/tidak terlalu), kalo mau yang tengah-tengah, pakai dither 64 bit (direkomendasikan) atau no dither untuk ukuran gambar yang lebih kecil, dan yang boros ukurannya namun memiliki kualitas yang baik 128 bit dither.

  1. waj saran saran yg bagus. dengan pointpoint diatas pasti terbantu namun ada saran kalau bisa poin poin penting i posting di atas di beri bold agar lebihmudah dibaca🙂

  2. boleh juga……………………
    nanti gua coba

  3. 4DysdH Excellent article, I will take note. Many thanks for the story!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: